
Best Practice PPG Dalam Jabatan Kategori 1 UNNES Tahun 2022 ( Nur Haetik, S.Pd)

LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi |
SMA Negeri 1 Simo – Kabupaten Boyolali |
Lingkup Pendidikan |
Sekolah Menengah Atas |
Tujuan yang ingin dicapai |
Peningkatan partisipasi diri siswa melalui pembelajaran inovatif dengan model pembelajaran Project Based Learning dengan materi Globalisasi di kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Simo – Kabupaten Boyolali |
Penulis |
Nur Haetik, S.Pd |
Tanggal |
16 Agustus 2022 – 25 September 2022 |
Situasi: Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
|
Hal yang melatarbelakangi praktik pembelajaran ini adalah kurangnya partisipasi dan percaya diri siswa karena pada saat pembelajaran ternyata didapati siswa masih banyak yang tidak dapat menyampaikan pendapat dengan baik, siswa merasa kurang percaya diri dalam berpendapat atau mengajukan pertanyaan. Pembelajaran sosiologi di kelas IPS seharusnya melibatkan partisipasi siswa sehingga dalam pembelajaran bisa lebih aktif dalam pembelajaran dan juga dalam proses diskusi. Selain itu, guru hendaknya juga dapat menggunakan model dan metode yang inovatif, menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik materi sehingga siswa termotivasi untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena apabila ada guru yang mengalami permasalahan yang sama dengan masalah yang saya alami, sehingga praktik ini saya harapkan dapat memotivasi diri saya pribadi dan juga dapat digunakan untuk menjadi referensi atau inspirasi bagi rekan guru lain agar proses pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan. |
Tantangan : Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
|
Hal yang menurut saya menjadi tantangan dalam praktik ini adalah : 1. Pemilihan model pembelajaran harus benar-benar diperhatikan agar dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran 2. Pemilihan media pembelajaran yang variatif sehingga siswa dapat merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran Dari dua hal diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa tantangan terbesar proses pembelajaran harus melibatkan guru dan siswa secara berkesinambungan. |
Aksi : Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
|
Aksi / Langkah-langkah yang harus dilakukan guru sesuai dengan tantangan yang dihadapi adalah : 1. Pemilihan model dan metode pembelajaran a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memahami karakteristik siswa dan karakteristik materi. Disini, saya memilih model pembelajaran Project Based Learning dengan hasil yang diperoleh yaitu sebuah infografis yang menurut saya sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pembelajaran yang akan diajarkan b. Proses pemilihan model pembelajaran yang digunakan dalam praktik ini sebelumnya guru telah mempelajari apa saja model pembelajaran yang sesuai, lalu memahami karakteristik peserta didik dengan melihat kemampuan dan kebiasaan peserta didik yang kemudian dipadukan dengan karakteristik materi. c. Sumber daya yang diperlukan untuk untuk pemilihan model pembelajaran ini adalah memahami kompetensi guru tentang model pembelajaran PjBL khususnya pada sintaks-sintaks pembelajaran dan pemahaman guru tentang materi yang akan diajarkan.
2. Pemilihan media pembelajaran a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan media pembelajaran adalah dengan memilih media pembelajaran yang dirasa tepat dan sesuai dengan materi pelajaran, dan yang sesuai dengan karakteristik siswa, serta media pembelajaran yang dikuasai baik dalam pembuatan dan penggunaannya. Disini guru memilih media pembelajaran powerpoint dan LKPD b. Proses pembuatan media pembelajaran ini dimulai dari mempelajari materi yang akan dibuat powerpointnya, kemudian guru merancang desain slide-slide yang perlu ditayangkan dan LKPD sebagai bahan diskusi siswa. c. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam menggunakan aplikasi powerpoint dengan tema/desain yang menarik. Dalam hal ini, aksi yang dilakukan oleh guru adalah dengan menerapakan model PjBL dengan hasil infografis, evaluasi dengan quizizz.com |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
|
Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan dirasa hasilnya efektif, yang dapat dilihat dari : 1. Pemilihan model pembelajaran yang sesuai menurut saya efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terlihat dari kegiatan saat pembelajaran dan dibuktikan dengan jurnal penilaian sikap. Indikator partisipasi belajar yang harus dicapai peserta didik antara lain memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan guru, mengajukan pertanyaan kepada guru dan peserta didik lain, mencatat penjelasan guru dan hasil diskusi, membaca materi, memberikan pendapat ketika diskusi, mendengarkan pendapat teman, memberikan tanggapan, berlatih menyelesaikan latihan soal, dan berani mempresentasikan hasil diskusi. 2. Penggunaan media powerpoint dan video pembelajaran sangat membantu meningkatkan partisipasi belajar peserta didik akan materi pembelajaran terlihat dari antusiasnya mereka dalam mengikuti pembelajaran di kelas dan dibuktikan dengan lembar observasi yang menunjukkan peningkatan jumlah siswa yang berpartisipasi di awal yakni 5 dari 35 peserta didik menjadi kurang lebih 18 siswa dari keseluruhan jumlah peserta didik dalam kelas.
Respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran ini sangat baik, dapat dilihat saat kegiatan refleksi akhir pembelajaran semua peserta didik memberikan refleksi bahwa pembelajaran menyenangkan, peserta didik lebih aktif, serta kemampuan menyelesaikan permasalahan juga meningkat.
Faktor keberhasilan pembelajaran ini sangat ditentukan oleh penguasaan guru terhadap metode, media dan sintak-sintak pada model pembelajaran yang telah direncanakan dalam proses pembelajaran. Didukung faktor dari peserta didik yaitu partisipasi dalam mengikuti pembelajaran dan motivasi belajar sosiologi, serta dari faktor sarana prasarana yang lengkap dari sekolah.
Pembelajaran yang dapat diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilaksanakan semoga dapat dijadikan refrensi untuk mengarahkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih efektif dan menarik, pembelajaran dengan model PjBL berbantuan media powerpoint dan video pembelajaran dapat dijadikan salah satu alternatif desain pembelajaran yang sesuai pada pelajaran sosiologi yang bertujuan agar siswa mampu memecahkan permasalahan dan membangun pengetahuannya sendiri, serta tertarik belajar sehingga termotivasi dan aktif dalam pembelajaran adalah harapannya guru tetap kreatif dan inovatif dalam memilih metode, media dan model pembelajaran untuk menciptakan kegiatan belajar mengajar yang sesuai harapan. |
Author

Saya Admin Selalu ikuti perkembangan informasi di SMA Negeri 1 Simo ya.