info@sman1-simo.sch.id (0276) 3294715

Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di SMA Negeri 1 Simo

Diposting oleh 10 Nov 2022

Gerakan literasi sekolah merupakan gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca.

Tujuan umum gerakan literasi sekolah yaitu untuk menumbuhkembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. Adapun tujuan khusus dari kegiatan literasi tersebut adalah :

- Membentuk budaya literasi di lingkungan sekolah
- Meningkatkan insan literat di lingkungan sekolah
- Meningkatkan pengelolaan pengetahuan di lingkungan sekolah
- Menjadi wadah untuk menumbuhkan strategi membaca, sehingga keberlanjutan pembelajaran bisa selalu dihadirkan.

Kegiatan literasi di SMA NEGERI 1 SIMO telah berjalan dengan baik sesuai dengan visi dan misi sekolah. Kegiatan literasi dikelola oleh tim literasi sekolah yang merupakan gabungan dari guru-guru bahasa baik bahasa indonesia, bahasa inggris, dan bahasa jawa. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari jumat pada minggu pertama dengan alokasi waktu 45 menit. Kegiatan ini dilaksakan bersama di halaman upacara sekolah dan diikuti seluruh lapisan masyarakat sekolah.

Kegiatan literasi di bulan November dengan program story telling yang disampaikan oleh siswa berprestasi kepada peserta didik, adapun tujuan dari kegiatan story telling dalam literasi ini untuk memberikan wawasan baru, pengalaman baru serta mampu meberikan motivasi kepada peserta didik.

Kategori : Jumat Literasi,